garasisejarah - Berikut ini Daftar 10 Stasiun Kereta Api Tertua Di Indonesia :
Stasiun ini dibangun pada tanggal 16 Juni 1864 yang di resmikan oleh Gubernur Jenderal Baron Sloet van de Beele. Untuk pengoperasian rute ini, pemerintah Belanda menunjuk Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NIS), salah satu markas NIS yang sekarang di kenal sebagai Gedung Lawang Sewu. Dan tepatnya pada 10 Agustus 1867 sebuah kereta meluncur untuk pertama kalinya di stasiun ini.
Stasiun Semarang Tawang 9kode SMT) adalah stasiun induk di Tanjung Mas, Semarang Utara, Semarang yang melayani kereta api eksekutif dan binis. Kereta api ekonomi tidak singgah di stasiun ini. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api besar tertua di Indonesia setelah Semarang Gudang dan di resmikan pada tanggal 19 Juli 1868 untuk jalur Semarang Tawang ke Tanggung, Jalur ini menggunakan lebar 1435 mm. Pada tahun 1873 jalur ini di perpanjang hingga Stasiun Solo Balapan dan melanjut hingga Stasiun Lempunyangan di Yogyakarta.
Stasiun Lempunyangan 9Kode : LPN, +114 m dpl) adalah stasiun kereta api ayang terletak di Kota Yogyakarta, berjarak sekirta 1 km di sebelah timur dari stasiun utama di kota ini yaitu Stasiun Yogyakarta. Stasiun yang di dirikan pada tanggal 2 Maret 1872 ini melayani pemberhentian semua KA ekonomi yang melintasi Yogyakarta. Stasiun Lempinyangan beserta dnegan rel yang mebujur dari Barat ke Timur merupkan perbatasan antara Kecamatan Gondokusuman di utara dan Fanurejan di Selatan.
Museun Kereta Api Ambarawa adalah sebuah stasiun kereta api yang sekarang di alih fungsikan menjadi sebuah museum di Ambarata, jawa tengah yang memiliki kelengkapan kereta api yang pernah berjaya pada zaman nya. Salah satu kereta api uap dengan lokomotif nomor B 2502 dan B 2503 buatan Maschinefabriek Esslingen sampai sekarang masih dapat menjalankan aktivitas sebagai kereta api wisata. Kereta api uap berenergi ini sangat unuk dan merupakan salah satu dari tida yang masih tersisa di dunia. Dua di antaranya ada di Swiss dan India. Selain koleksi-koleksi unik tadi, masih dapat disaksikan berbagai macam jenis lokomotif uang dari seri B, C, D hingga jenis CC yang
paling besar 9CC 5029, Schweizerische Lokomotiv und Maschinenfabrik) di halaman museum.
Stasiun Kedungjati (KEJ) merupakan stasiun kereta api yang terletak di kedungjati, Kedungjati, Grobogan. Stasiun yang terletak pada ketinggian +36 m dpl ini berada di Daerah Operasi 4 Semarang. Stasiun Kedungjadi di resmikan pada bulan 21 Mei 1873. Arsitektur stasiun ini serupa dengan Stasiun Willem I di Ambarawa, bahkan dulu beroperasi jalur KA dari Kedungjati ke Ambarawa, yang sudah tidak beroperasi pada tahun 1976. Pada tahun 1907, Stasiun Kedungjati yang tadinya dibangun dari kayu diubah ke bata berplester dengan peron berkonsruksi baja dengan atap dari seng setinggi 14.65 cm.
Stasiun Solo Balapan (kode : SLO, +93m) adalah stasiun induk di Kestalan dan Gilingan, Banjarsari, Surakarta yang menghubungkan Kota Bandung, Jakarta, Surabaya, serta Semarang. Stasiun ini didirikan oleh jaringan kereta api masa kolonial NIS pada abad ke-19 (tepatnya 1873)
Stasiun Purwosari (PWS) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Jl. Slamet Riyadi No0. 502, Purwosari, Lawiyan, Surakarta. Stasiun yang terletak pada ketinggian +98 m dpl ini berada di Daerah Operasi 6 Yogyakarta.
Stasiun Purwosari dibangun pada tahun 1875, dan merupakan stasiun tertua di Surakarta. Pembangunannya ditangani oleh NISM. Stasiun Purwosari berada di wilayah Mangkunegaran.
Stasiun Surabaya Kota (SB) yang populer dengan nama Stasiun Semut terletak di Bongkaran, Pabean Cantikan, Surabaya. Letaknya sebelah utara Stasiuin Surabaya dari jalur kereta api selatan pulau Jawa yang menghubungkan Surabaya dengan Yogyakarta dan Bandung serta Jakarta. Stasiun lain yang juga penting di Surabaya adalah Stasiun Pasar Turi yang menghubungkan Surabaya dengan Semarang. Baru dalam masa kemerfdekaan, Jawatan Kereta Api mengadakan layanan kereta api antara Jakarta dan Surabaya pasar Turi melalui Semarang.
Berdasarkan sejarahnya, Stasiun Surabaya Kota dibangun ketika jalur kereta api Surabaya-Malang dan Pasuruan mulai dirintis sekitar tahun 1870. Tujuannya untuk mengankut hasil bumi dab perkebunan dari daerah pedalaman Jatim, Khususnya dari Malang, ke Pelabuhan Tanjung Perak yang juga mulai di bangun sekitar tahun itu. Gedung unu duresmikan pada tanggal 16 mei 1878. Dengan meningkatnya penggunaan kereta api, pada tanggal 11 Nopember 1911, bangunan stasiun ini mengalami perluasan hingga ke bentuknya yang sekarang ini.
Stasiun Malang Kotalama (MLK) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Kecamatan Sukun, Malang. Stasiun yang berada pada ketinggian +429 m dpl ini berada di Daerah Operasi 8 Surabaya. Stasiun ini merupakan stasiun KA paling selatan yang berada di Kota Malang, dan tertua, dibangun pada tahun 1879. Penambahan nama "Kotalama" di maksudkan untuk membedakan dengan Stasiun Malang Kota Baru yang dibangun belakangan.
Dari Stasiun Malang Kotalama terdapat percabangan rel yang menuju ke Dipo Pertamina.
Stasiun Iji (IJ) adalah stasiun kereta api yang terletak di sebelah Barat Stasiun Gombong. Secara administratif, stasiun ini berada di Desa Bumiagung, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen. Selain sebagai stasiun pesilangan, fungsi lainnya adalah sebagai pengontrol terowongan jalur rel (disebut Terowongan Ijo) yang berada di sisi timut stasiun ini. Pengelolaan stasiun yang terletak pada ketinggian +25 m dpl ini berada di bawah Daerah Operasi 5 Purwokerto. Stasiun yang di bangun pada pertengahan tahun 1880-an inijarang disinggahi oleh kereta api. Stasiuin ini berperon sisi ini memiliki 3 jalur rel.
Semoga dapat menambah wawasan kita semua, Shared Jika Bermanfaat..
SUMBER : WWW.GARASIGAMING.COM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar